5 Macam dan Manfaat Mainan Edukasi Anak 2 Tahun

Menginjak usia dua tahun, kemampuan anak akan mengalami perkembangan pesat (milestones). Dalam jurnal Pediatric yang rilis bulan Juni 2016, "Mencapai milestones motorik menjadi dasar pencapaian berbagai aspek ke depan." Oleh karena itu, berikan mainan edukasi anak 2 tahun yang sesuai untuk memenuhi kebutuhannya.

Pada usia tersebut, anak mudah menerima informasi. Bermain adalah tahap paling menyenangkan bagi anak untuk belajar. Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini umumnya berkaitan dengan bermain. Sebab, golden age seperti saat usia dua tahun, fokus pada perkembangan motorik, sosial-emosional, problem solving dan karakter anak.

5 Jenis Mainan Edukasi Anak 2 Tahun

Bermain merupakan proses belajar anak untuk mengenal, mengidentifikasi dan membentuk karakter. Peran orang tua dalam memilih mainan sesuai usianya sangat lah penting. Begitu pula mainan anak untuk usia dua tahun dan Anda bisa mendapatkan di toko yang jual playground anak.

Apa saja mainan yang cocok untuk anak usia dua tahun? Berikut mainan edukasi anak 2 tahun berdasarkan standar stimulasi dari UNICEF:

  1. Buku

Sebagian orang mungkin menganggap buku hanya media belajar bukan lah mainan. Pernyataan ini kurang tepat, pasalnya buku untuk anak dua tahun menyuguhkan gambar yang menarik. Selain itu, anak usia dua tahun lebih tertarik untuk membolak-balikkan buku.

Anda dapat memberikan buku edukasi yang berisikan gambar-gambar menarik (buku cerita difabel). Buku tersebut didominasi gambar ilustrasi dibandingkan huruf. Anda dapat menanyakan kepada anak tentang gambar yang terdapat pada buku tersebut.

  1. Pensil dan Kertas

Anak usia dua tahun tertarik dengan menggambar meskipun gambar tersebut terkesan abstrak. Anda perlu menahan diri ketika anak suka mencoret-coret tembok. Untuk mengatasinya, berikan kertas kosong dan pensil. Perhatikan gambar abstrak yang dibuat anak.

Untuk menjaga komunikasi dengan anak, sesekali tanyakan kepada anak gambar yang sedang dibuatnya. Hal tersebut akan membuat anak lebih senang dan merasa diperhatikan.

  1. Kardus

Siapa sangka jika kardus memiliki manfaat bagi anak-anak? Anda dapat membuat mainan dari kardus seperti mobil atau rumah kardus. Anak usia dua tahun memiliki imajinasi yang unik dan luas. Hanya dengan kardus, Anda bisa melihat kreativitas anak.

  1. Bola

Baik anak laki-laki atau perempuan, tahap melempar bola bisa dilihat ketika anak seringkali melempar barang. Apakah anak Anda ada pada fase ini? Solusinya adalah memberikan bola dan mendampingi anak. Anda bisa menyuruh untuk memasukkan bola ke dalam ring atau tempat kosong seperti ember, kardus dll.

  1. Lego atau Playdoh

Lego dan playdoh memiliki manfaat yang sama yakni membantu perkembangan motorik anak. Selain itu, warna lego atau playdoh yang beraneka ragam akan membantu anak mengenal warna. Ketika anak memainkan lego, gerakan motorik kasar anak akan berfungsi dengan optimal.

Sedangkan playdoh, anak akan merasakan sentuhan dan anak dapat berimajinasi dengan baik. Sebab, anak dapat membuat bentuk sesuai dengan keinginannya.

Manfaat Mainan Edukasi Anak 2 Tahun

Seperti yang diketahui, orang tua adalah pendidik pertama anak. Tumbuh kembang anak berdasarkan di lingkungannya. Dengan mainan edukasi, tumbuh kembang anak dapat meningkat.

Adapun manfaat mainan edukasi anak sebagai berikut:

  1. Mengembangkan literasi anak.

  2. Mengembangkan motorik anak.

  3. Mampu memecahkan masalah (problem solving).

  4. Mengetahui emosi anak.

  5. Mengembangkan sosialisasi anak terhadap lingkungan.

Lalu bagaimana dengan bermain gadget? Tidak dapat dipungkiri, gadget sudah umum di masyarakat. Bahkan anak-anak saat ini sudah mengenal gadget terlebih di masa pandemi. Kini banyak game edukasi online yang dapat diberikan kepada anak-anak. Meskipun lebih menyenangkan, penggunaan gadget pada anak tetap dibatasi.

Mainan edukasi anak 2 tahun seperti mainan balok, bola dll akan meningkatkan motorik anak dengan baik. Anda dapat berdiskusi kepada anak terlebih dahulu dalam memilih mainan tersebut. Sehingga anak merasa diberikan kesempatan dan dihargai pendapatnya.