Cara Tanam Anggur di Pot yang Super Mudah

Siapa disini yang belum tahu dengan buah anggur? Buah yang satu ini banyak dijadikan sebagai jus atau salad buah. Pemanfaatan ini bukan tanpa alasan, sebab buah anggur kaya akan kandungan vitamin K, C, kalsium, beta karotin, dan juga fosfor. Umumnya tanaman ini dibudidayakan pada lahan yang luas, namun bagaimana cara tanam anggur di pot? Penasaran? berikut ini penjelasannya.

Cara untuk Tanam Anggur di Pot yang Super Mudah

  1. Penyemaian Bibit

Langkah pertama yaitu dengan penyemaian bibit. Bagian ini anda harus menyiapkan polybag yang diisi dengan media tanam. Umumnya media tanam yang digunakan untuk tanaman anggur adalah campuran antara pasir, pupuk organik, dan juga tanah. Jika sudah, tancapkan bibi tersebut pada media, lalu siram dengan pupuk organik cair.

  1. Penanaman

Jika anda sudah selesai di tahap penyemaian bibit, maka kini saatnya untuk memindahkan bibit pada pot. Jangan lupa tetap siramkan air pada media tanam, hingga seluruh bagian tanaman basah. Berilah kawat di bagian sekeliling pot, dan jangan lupa siran tanaman setiap hari secara rutin.

  1. Masa Pembuahan

Tunggu tanaman hingga berusia 9 bulan, lalu nanti bisa berbuah. Namun biasanya dengan usia tersebut belum bisa di panen. Waktu yang paling tepat untuk memanen buah anggur ini yaitu saat sudah memasuki usia 1 tahun. Dalam waktu menunggu masa panen ini, jangan lupa untuk memberinya pupuk setiap hari.

Dari penjelas di atas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa cara untuk menanam anggur dalam pot bisa dilakukan dengan 3 tahap. Mulai dari penyemaian bibit, penanaman, dan yang terakhir yaitu dengan rajin memberinya pupuk selama 1 tahun. Dimana di masa itu merupakan waktu yang tepat untuk pada akhirnya buah anggur bisa di panen.