Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas

Rumah type 36 merupakan desain rumah yang punya luas area atau sebesar 36 m2. Rumah type 36 umumnya terdiri 2 kamar tidur, 1 kamar mandi dan dapur. Kemudian ruang tamunya biasanya menyatu dengan ruang keluarga.

Dari waktu ke waktu, jumlah rumah type 36 semakin meningkat, utamanya di perkotaan. Rumah type ini bisa jadi solusi mengatasi terbatasnya lahan di perkotaan.

Namun demikian, banyak yang menilai rumah type 36 terbilabg kecil. Sehingga kurang lega. Tapi sebetulnya rumah type 36 bisa diakali supaya bisa lebih luas. Nah berikut ini beberapa tips desain rumah type 36 agar terlihat luas.

1. Menentukan Jumlah Ruangan Berdasarkan Kebutuhan

Tips pertama, tentukan jumlah ruangan berdasarkan kebutuhan. Biasanya untuk type rumah 36 ini terdiri dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapyr dan ruang tamu yang juga dijadikan ruang keluarga.

Namun jika standar ini membuat rumah type 36 nampak kecil, anda bisa cova kurangi luas teras. Bisa dialih fungsikan jadi satu kamar lagi. Memang renovasi bisa menambah anggaran, tapi ini cara yang bisa anda lakukan untuk membuat type rumah 36 jadi kelihatan lebih luas.

2. Menambah Ketinggian Langit-Langit Ruangan

Tips desain rumah type 36 agar terlihat luas, adalah dengan menambah ketinggian langit langit ruangan. Hal ini karena biasanya langit langit rumah type ini tak terlalu tinggi hingga terkesan sumpek. Untuk itu, bisa coba mempertimbangkan meninggikannya.

Saat merenovasi, usahakan minimal tinggi langit langit tiga meter supaya lebih terasa lega. Tapi perlu diperhatilan, sebaiknya jangan renovasi jika ruangan sudah terlalu sempit atau kecil sebab bisa membuatnya malah tidak proporsional.

Akan lebih cocok untuk rumah type 36 yang kecil, menggunakan konsep open plan yang dikombinasi dengan ukuran langit langit tinggi supaya nampak lega.

3. Gunakan Konsep Mezzanine

Tips berikutnya supaya rumah type 36 terlihat luas, bisa mempertimbangkan gunakan konsep Mezzanine. Ini bisa dimulai dengan meninggikan langit langit rumah minimal 5 meter. Sehungga lantai mezzanine jadi terkesan lebih nyaman.  Biasanya mezzanine dapat untuk ruang keluarga, kamar tidur, atau ruang tamu.

4. Kurangi Jumlah Sekat Ruangan

Cara efektif supaya rumah type 36 nampak lebih luas adalah dengan mengurangi jumlah sekat ruangan. Sebagai pengganti sekat, anda bisa cova gunakan rak untuk sekat non permanen dan gampang dipindah pindah.

Dengan mengurangi sekat ruangan, ruangan akan nampak lebih lega. Anda tetap bisa mempertegas batasan ruang tanpa sekat dengan menerapkan perbedaan pencahayaan. Maupun menggunakan variasi motif keramik.

5. Maksimalkan Pencahayaan Alami

Cara lainya supaya type rumah 36 nampak lebih luas, bisa dengan memanfaatkan pencahayaan alami untuk interior rumah. Pencahayaan tepat membuat ruabg nampak lebih lega.

Anda bisa coba gunakan jendela jendela besar, skylight, arau glass block supaya cahaya dari luar bisa menembus maksimal ke ruangan rumay sehingga nampak lebih luas dan sehat.

Nah itulah tadi cara dan tips desain rumah type 36 agar terlihat luas. Selain cara diatas, sebetulnya masih ada beberapa cara lainya yang dapat dilakukan. Seperti menggunakan cat warna yang tepat untuk membuat kesan ruangan lebih luas, dan jangan gunakan dinding pagar rumah terlalu tinggi hingga membuat rumah terkesan kecil. Cara lainya adalah dengan menambah pintu besi harmonika pada pintu grasi dan memanfaatkan semaksimal mungkin halaman rumah.

Mungkin Anda juga menyukai