Cara Menghitung Volume Jalan Beton

Cara hitung volume jalan beton-Penting untuk memahami cara menghitung volume beton jalan. Terlebih bagi yang bekerja dibidang konstruksi.  Hal ini karena beberapa jalan sudah banyak yang memilih gunakan jalan cor beton.

Cor dari beton banyak dipilih lantaran materialnya gampang didapatkan di pasaran.  Selain itu, juga proses pengerjaanya cukup gampang dan tak memerlukan biaya yang besar.

Maka tak heran kalau kemudian masyarakat juga ikut memakai beton cor dibanding jenis konstruksi jalan lainya. Nah berikut rumus menghitung volume dari cor Jalan dari Beton.

Tapi sebelum mulai menghitung jumlah cor beton yang diperlukan. Yang tak boleh anda lewatkan yaitu rumus perhitunganya. Untungnya rumus hitung volume jalan beton cukup sedeehana mudah dipahami.

Yaitu panjang (p) x lebar (l) x tinggi (t). Rumus ini  sebetulnya sudah diajarkan sekolah, jadi tidak  akan susah untuk diterapkan dalam menghitung volume jalan beton. Berikut ini contoh yang bisa dipahami sederhana :

Contoh jalan yang bakal dicor beton panjangnya 500 meter, lebar 3 meter, serta tebal 30 cm.  Kemudian kita tinggal memasukanya di rumus untuk menghasilkan atau mengetahui volume jalan beton yaitu menjadi 500 m x 3 m x 0.3 m = 450 m3. Dari contoh diatas, anda kini mungkin sudah mengetahui dengan lebih jelas cara hitung volume jalan beton.

Menghitung Jumlah Kebutuhan Truck Mixer Beton

Hasil kalkulasi perhitungan volume jalan beton menggunakan rumus diatas diketahui, jika anda memerlukan  450 m3 beton cor.  Kemudian anda tinggal memesanya ke suplier beton berdasarkan hitungan yang sudah dibuat.

Tak harus buru buru membeli. Sebab perlu mensurvei harga dan kualitas beton cor. Pilih yang paling efesien. Anda juga perlu bertanya kepada suplier jumlah kapasiyas truk muatan per m3.

Untuk  mengetahui banyaknya jumlah kebutuhan truk mixer beton.  Anda bisa hitung besaran truk mixcernya dengan rumus muatan truk/volume cor. Berikut ini aplikasi rumis yang bisa anda terapkan.

Contoh, diketahui  volume cor beton yairu 450 m3. Diangkut dalam truk dengan muatan 7 m3.  Sehingga hitunganya  yaitu 450 m3 / 7 m3 = 65 m3.

Cara menghitung material cor beton jalan

Setelah memahami rumus menghitung volume jalan beton. Anda bisa mencoba menyelesaikan soal berikut untuk melatih keterampilan menghitung volume jalan beton. Simak berikut ini.

Contoh Soal Penghitungan Volume Jalan Beton

Rencananya, bos anda akan melakukan pengecoran jalan di suatu jalan. Pengecoran memakai beton readmix.

Jalan ini panjangnya 25 meter, lebar 2 meter. Jalan ini akan dibuat dengan ketebalan 20 cm.

Pertanyaan pertama, berapa volume cor jalan? pertanyaan kedua, berapa kebutuhan truk yang perlu disiapkan?

Jawaban

Berikut ini jawaban dari soal diatas. Seperti informasi diatas, paniang jalan 25 meter dan lebar jalan 2 meter. Sementara tinggi atau tebal cor 20 cm. Untuk. Untuk seledaiian soal ini dengan gunakan rumus panjang kali lebar kali tinggi.

Sekarang tinggal masukan angkanya. jadi, akan muncul 25 m x 2 m x 0.2 m yang hasilnya adalah 10m3. Sangat sederhana bukan?

Meski rumusnya sederhana maka sebaiknya teliti dalam menyelesaikanya. Perhatikan lagi, bahwa ternyata ada kesalahan perhitungan dari soal diatas.

Yaitu, data tersebut menyatakan bahsa ketebalan atau tinggi cor memakai satuan cm padahal dalam rumus memakai satuan meter. Maka hal yang benar, sebelum tadi anda menghitung, harus merubah dulu dari cm menjadi meter.

Saat ini kita juga dipermudah untuk membuat saluran pembuangan air atau drainase dengan adanya beton uditch. Jadi untuk Anda yang ingin membuat saluran pembuangan air dengan bahan beton, baca tentang daftar Harga uditch terbaru.

Mungkin Anda juga menyukai