Bagaimana Cara Melaksanakan Shalat Dhuha?

Sebagai seorang umat Muslim, Anda pasti sudah sangat akrab dengan shalat dhuha. Shalat dhuha adalah salah satu sholat sunnah dimana apabila Anda tidak mengerjakan ibadah ini maka Anda tidak berdosa. Namun jika Anda melaksanakan ibadah sholat dhuha maka Anda akan mendapatkan pahala.

Banyak sekali orang yang menganjurkan kita untuk melaksanakan sholat dhuha. Ada banyak sekali keutamaan atau manfaat yang bisa Anda rasakan jika melaksanakan sholat dhuha. Hal ini didukung oleh hadist ataupun dalil yang menjelaskan bahwa sholat dhuha mempunyai banyak keutamaan atau manfaat. Jika Anda ingin diampuni dosanya, maka sholat dhuha jawabannya.

Bukan hanya diampuni dosanya saja, namun Anda juga akan mendapatkan manfaat lainnya. Dalam melaksanakan sholat dhuha ada beberapa tata cara yang harus Anda perhatikan. Sholat dhuha bisa dilaksanakan dengan dua rakaat saja. Namun jika Anda ingin melakukan sholat dhuha dengan empat rakaat tentu tidak mengapa. Justru pahala Anda semakin banyak.

Cara Sholat Dhuha 4 Rokaat

Bagaimana tata cara sholat dhuha 4 rakaat? Sebenarnya tata caranya tidak jauh berbeda dengan Anda melaksanakan sholat dhuha dengan 2 rakaat. Pada kesempatan kali ini marilah kita membahas tata cara sholat dhuha 4 rakaat. Mudah-mudahan dengan tata cara berikut menjadikan sholat Anda lebih sempurna sehingga mendapatkan pahala dari Allah.

Mungkin Anda bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan ibadah sholat dhuha. Sangat penting untuk mengetahui kapan sebaiknya Anda melakukan sholat dhuha. Jangan sampai Anda melaksanakannya di waktu yang salah karena hal itu justru akan membuat sholat Anda menjadi makruh alis berkurang kesempurnaannya.

Waktu untuk mengerjakan sholat dhuha dibagi menjadi dua waktu. Waktu yang pertama adalah sekitar 30 menit setelah matahari sudah terbit. Karena itulah ada sebagian orang yang mengerjakan sholat dhuha sekitar jam setengah 6 atau jam 6 pagi karena pada waktu tersebut langit sudah terang karena matahari sudah benar-benar terbit.

Waktu yang kedua adalah 15 menit sebelum adzan dzuhur mulai berkumandang. Untuk waktu yang ini memang lebih beresiko karean biasanya pada jam tersebut orang masih sibuk denga pekerjaan atau kegiatan lainnya. Sehingga tak jarang banyak orang yang melewatkan waktu ini sehingga sudah masuk wakti sholat dzuhur.

Memang sebaiknya sholat dhuha dilakukan sebelum Anda melakukan aktivitas. Jadi, Anda bisa melaksanakan sholat dhuha sebelum Anda berangkat kerja atau sekolah. Tentunya hati akan menjadi lebih tenang apabila sudah mengerjakan sholat dhuha dan setelah itu Anda memulai aktivitas Anda seperti bekerja, sekolah, berdagang, ataupun kegiatan lainnya.

Setelah mengetahui waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat dhuha, maka sekarang Anda harus mengetahui bagaimana niat untuk mengerjakan ibadah sholat dhuha. Pertama-tama tentunya Anda melakukan sholat dhuha hanya karena Allah. Karena itulah selalu selipkan Allah pada setiap niat baik Anda, termasuk dengan melaksanakan sholat dhuha.

Mengapa kita harus mengucapkan niat sebelum melakukan sholat dhuha? Hal ini karena niat sholat dhuha mempunyai fungsi untuk mengingatkan dan mempersiapkan hati dan tubuh untuk melakuakn sholat dhuha dengan lebih mantap. Dengan mengucapkan niat, maka Anda akan lebih khusyu dalam mengerjakan sholat dhuha.

Dalam mengucapkan niat sholat dhuha tentu sama seperti melaksanakan sholat wajib yaitu cukup dilafalkan di dalam hati saja. Karena jika kita mengucapkan niat sholat dhuha secara verbal maka itu menyalahi aturan. Cara ini juga tidak dicontohkan oleh para Nabi. Namun niatnya tetap sama yaitu melaksanakan sholat dhuha hanya karena Allah semata.

Jika Anda hendak melaksanakan sholat dhuha dengan 4 rakatt, naka aka nada 2 rakaat salam. Caranya kurang lebih sama seperti sholat biasa. Saat Anda sudah mengucapkan niat sholat dalam hati, maka setelah itu Anda melaksanakan takbirotul ihram. Setelah itu Anda membaca doa ifttitah. Doa ini bersifat sunnah jadi jika ingin dilewati tentu tidak apa-apa.

Setelah melaksanakan takbirotul ihram, maka selanjutnya Anda membaca surat Al-Fatihah yang mana di setiap sholat memang wajib dibaca. Lalu untuk surat selanjutnya adalah surat Ad-Dhuha. Sebenarnya Anda tidak wajib membaca surat Ad-Dhuha. Namun jika ingin dibaca tentunya amalan sholat dhuha Anda akan menjadi lebih baik.

Setelah itu Anda melakukan rukuk dan I’tidal dengan tuma’ninah. Saat melakukan sujud pun juga dilakukan dengan tuma’ninah. Kemudian Anda akan melakukan rakaat kedua. Surat yang dibaca pada rakaat kedua adalah surat Al-Fatihah dan surat As-Syams. Untuk surat As-Syams sendiri bersifat sunnah. Anda bisa menggantu surat As-Syams dengan surat lain.

Selanjutnya Anda masih akan melakukan Gerakan rukuk, I’tidal, dan sujud yang mana ketiga Gerakan ini dilakukan dengan tuma’ninah. Lalu pada rakaat kedua, Anda akan melakukan Gerakan duduk di antara dua sujud. Lalukan gerak ini dengan tuma’ninah. Dalam melaksanakan tasyahud akhir di rakaat kedua juga dilakukan dengan tuma’ninah. Kemudian lakukan salam.

Kemudian untuk mengakhiri ibadah sholat dhuha Anda maka Anda akan membaca doa khusus untuk sholat dhuha. Untuk doa khusus yang dibacakan pada saat akhir sholat dhuha sebenarnya tidak wajib untuk dilakukan. Karena pada dasarnya tidak ada hadis maupun doa khusus yang dilakukan setelah melaksanakan sholat dhuha.

Namun jika Anda ingin membaca doa setelah sholat dhuha, Anda bisa melafalkan doa apapun karena pada dasarnya semua doa mempunyai arti yang sama-sama baik. Pada saat melafalkan doa setelah sholat dhuha, Anda bisa berdoa apa saja seperti minta untuk diberikan keselamatan, diberikan kebahagian, diberikan ketenangan jiwa, atau meminta agar keinginan Anda terkabul.

Dalam berdoa setelah selesai melaksanakan sholat dhuha juga bisa berupa meminta ampunan kepada Allah atas segala dosa yang Anda lakukan. Selain itu Anda juga bisa meminta agar diberikan untuk diberikan kemudahan pada setiap Langkah yang Anda ambil dalam menjalani hidup. Tidak lupa pula untuk mengagungkan Allah yang telah memberikan Anda kehidupan.

Jadi, pada dasarnya doa yang bisa Anda panjatkan setelah selesai melaksanakan sholat dhuha bisa berupa apapun. Bukan hanya contoh doa seperti yang di atas saja, namun Anda bisa berdoa apapun kepada Allah. Karena seperti yang kita tahu bahwa Allah adalah Maha Mendengar dan Maha Melihat. Maka panjatkan doa apapun kepada Allah setelah selesai sholat dhuha.

Setelah mengetahu bagaimana tata cara dalam melaksanakan sholat dhuha dengan 4 rakaat, pastinya Anda bertanya-tanya apa saja manfaat atau keutamaan dari melaksanakan sholat dhuha, bukan? Memang terdapat berbagai macam keistimewaan yang bisa Anda rasakan dari melaksanakan sholat sunnah dhuha. Anda bisa meningkatkan pahala Anda dengan sholat ini.

Mengerjakan amalan sholat dhuha tentunya menjadi poin plus tersendiri bagi siapapun yang melaksanakannya. Alllah juga menyukai umat Muslim yang memanfaatkan waktu di pagi hari untuk beribadah dan berdoa kepada Allah. Dengan Anda melakukan sholat dhuha, artinya Anda mengingat Allah di pagi hari. Dengan demikian maka Allah pun juga akan mengingat Anda.

Berikut ini akan dijelaskan tentang beberapa manfaat atau keutamaan sholat dhuha bagi umat Muslim yang melaksanakannya. Yang pertama adalah sholat dhuha merupakan salah satu sholat sunnah utama. Dengan melaksanakan inilah maka pahala yang Anda dapatkan akan semakin bertambah jika dibandingkan dengan mengerjakan sholat wajib lima waktu saja.

Tahukah Anda apa saja ciri-ciri dari orang Muslim yang soleh? Salah satu cirinya adalah dengan melaksanakam sholat dhuha. Sholat dhuha merupakan salah satu amalan sunnah yang sangat baik untuk dilakukan. Pada pagi hari Anda akan menyempatkan diri untuk beribadah kepada Allah. Anda menyediakan waktu untuk Kembali lagi kepada Allah Sang Pencipta.

Allah pun juga akan bangga kepada Anda sebagai hamba-Nya yang melakukan sholat sunnah yaitu sholat dhuha. Tentuntya ini akan menjadi keistimewaan tersendiri bagi setiap umat Muslim yang melaksanakan sholat dhuha. Meskipun tidak akan berdosa jika tidak dikerjakan, namun Anda akan mendapatkan pahala yang luar biasa pada saat mengerjakan sholat ini.

Keutamaan selanjutnya dalam melaksanakan sholat dhuha adalah bahwa semua doa yang Anda panjatkan pada saat waktu dhuha akan dikabulkan oleh Allah. Maka jangan heran jika ada umat-Nya yang ingin doanya dikabulkan akan lebih rutin mengerjakan sholat dhuha dibandingkan sebelumnya karena mereka ingin doa mereka didengar dan dikabulkan oleh Allah.

Dengan mengetahui apa saja keutamaan atau manfaat dari melaksanakan sholat dhuha, maka Anda menjadi paham bahawa sholat dhuha merupakan salah satu amalan yang sangat disukai oleh Allah. Sholat dhuha merupakan sholat sunnah dimana Anda bisa melaksanakannya untuk meningkatkan iman dan sebagai salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta

Bila Anda mempunyai keinginan atau hajat namun tidak bisa melaksanakan sholat malam karena terdapat suatu kendala, maka sholat dhuha bisa dijadikan sebagai alternatif bagi Anda untuk memohon kepada Allah agar hajat atau keinginan Anda didengar dan dikabulkan oleh Allah. Memang melaksanakan sholat dhuha di pagi hari akan jauh lebih mudah untuk dilaksanakan.

Sholat dhuha merupakan sholat yang mempunyai keutamaan seluas bumi dan juga langit. Dimana kedua hal ini amat sangatlah luas. Mungkin bagi sebagian orang akan terasa berat untuk melaksanakan sholat dhuha karena di pagi hari mereka sudah terlanjur sibuk dengan bersiap untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari seperti bekerja atau sekolah.

Namun dengan menyisihkan waktu sekitar 10 menit saja untuk melaksanakan sholat dhuha seccara rutin maka niscaya akan terjadi perubahan yang besar pada hidup Anda. Perlahan-lahan Anda akan dijauhkan oleh rasa malas. Karena untuk melaksanakan sholat baik itu sholat wajib ataupun sunnah memang tidak boleh ada rasa malas.

Dengan melaksanakan sholat dhuha maka hidup Anda akan menjadi lebih disiplin dan tertata karena Anda harus mengatur waktu untuk melaksanakan sholat dhuha sembari mempersiapkan diri untuk bersiap melakukan aktivitas sehari-hari Anda. Anda akan menjadi disiplin karena mengikuti jadwal rutin Anda di pagi hari mulai dari bangun hingga melaksanakan sholat dhuha.

Keutamaan yang terakhir adalah sebagai sarana bagi Anda untuk diberikan berkah dan pengampunan dari Allah. Jika Anda mempunyai harapan atau ingin diampuni dosanya maka berserah dirilah kepada Allah dengan melaksanakan sholat dhuha. Mintalah bantuan-Nya jika Anda sedang menghadapi masalah dan mintalah agar diberikan segala hal yang baik.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera mempersiapkan diri untuk sholat dhuha.

 

Mungkin Anda juga menyukai